Tutorial Dasar SEO on Page untuk Website dan Blog anda

Tutorial Dasar SEO on Page untuk Website dan Blog anda

Tutorial Dasar SEO on Page untuk Website dan Blog andaTutorial SEO on Page untuk Website dan Blog anda – Dalam Belajar Bisnis Online, setelah anda memiliki sebuah website anda harus mengerti tentang SEO. Apa itu SEO ? SEO menurut definisi saya adalah suatu usaha untuk mendapatkan posisi terbaik di search engine dengan suatu teknik tertentu. SEO sendiri terbagi dalam SEO on Page dan SEO Off Page. Kali ini, saya ingin memberikan tutorial dasar SEO on Page untuk website dan Blog anda.  SEO On Page merupakan salah satu aspek penting dalam usaha meningkatkan posisi website anda di hasil pencarian search engine seperti Google. Bagian ini memang menjadi jurus andalan para webmaster dan Blogger untuk meningkatkan posisi mereka di SERP ( Search Engine Result Page ).

SEO on Page sendiri mempunyai berbagai poin penting yang harus anda perhatikan dan anda optimasi lebih delam. Poin-poin penting tersebut antara lain :

1. Title
2. Konten
3. Heading Tag
4. Internal Link
5. External Link

Pada tulisan saya kali ini, mari kita bahas secara berurutan masing-masing poin tersebut.

TITLE

Title ini mencakup indeks website, post dan page yang ada pada website atau blog anda. Title ini menjadi prioritas, mengapa ? karena dengan TITLE inilah kita dapat memberitahu crawler search engine tentang isi halaman website kita. Masukkan keyword yang ingin anda target dengan memasukkannya pada judul tulisan anda.

KONTEN

Konten berupa kata sangat disukai oleh search engine seperti Google, karena kunci mereka dalam merayapi website-website adalah lewat kata. Baik berupa Huruf Maupun Angka. Lalu, bagaimana kita membuat konten yang disukai oleh search engine ( SEO Friendly ) ?

Pada setiap tulisan yang saya tulis di internet, saya selalu mengusahakan untuk :

  1. Selalu menyisipkan keyword ( kata kunci ) di kalimat pertama Paragraf Pertama
  2. Selalu memasukkan keyword di setiap paragraf
  3. Selalu menebalkan keyword ( cukup 1 yang ditebalkan )
  4. Selalu memiringkan keyword ( cukup 1 yang dimiringkan )
  5. Selalu menggaris bawahi keyword ( cukup 1 saja )
  6. Sisipkan keyword yang dibidik di kalimat terakhir paragraf anda

HEADING TAG
Heading Tag merupakan salah satu cara untuk membedakan karakter huruf maupun angka default pada sebuah paragraf. Sangat penting untuk SEO karena kata-kata yang berada di dalam Heading Tag dianggap penting oleh crawler search engine. Manfaatkan Heading Tag seperti H1, H2, H3 dan sebagainya. Usahakan jangan terjadi duplicate heading tag.

INTERNAL LINK

Link menghubungkan antara satu website dengan website lainnya. Usahakan jangan sampai ada internal links melebihi 50 internal links di setiap halaman website, sehingga tidak terindikasi Link Farm oleh algoritma search engine. Saat membuat internal link, jangan lupa untuk menggunakan Teks Link ( anchor text ). Ini sangat bagus untuk link building.

EXTERNAL LINKS

Crawler search engine menyukai keterkaitan sebuah halaman dengan halaman yang lainnya. Maka, dengan membuat sebuah ekternal link, itu bisa membantu dalam optimasi website anda. Sama dengan internal links, usahakan untuk tidak melebihi 20 link. Terlalu banyak external links akan mempengaruhi rank website anda.

TIPS : Tautkan external link anda ke halaman yang mempunyai rank tinggi seperti Wikipedia, EzineArticle dan sejenisnya.

Mungkin, bagi anda yang sudah familiar dengan SEO, akan menganggap artikel tentang Tutorial Dasar SEO on Page ini terlalu teoritis. YA ! karena tidak mungkin saya akan menjabarkan secara detail di website saya. Bagi anda yang berminat mendapatkan materi lengkap berupa e-book, video dan lain-lain, anda bisa menghubungi kontak saya. Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.