Tips Memilih Nama Domain Yang Bagus

Tips Memilih Nama Domain Yang Bagus

Tips Tentang Cara Memilih Nama Domain Website Yang BagusTips Memilih Nama Domain Yang Bagus – Domain merupakan sebuah nama unik yang digunakan sebagai pengganti deretan angka identitas dalam suatu jaringan, atau yang biasa kita sebut dengan IP Address. Dengan mempunyai sebuah nama domain, maka sebuah web atau blog lebih mudah dikenali dan diingat oleh pengunjung setia web atau blog tersebut.

Di sisi lain, nama domain juga bisa dikatakan sebagai sebuah merk dagang di internet, sehingga seorang pemilik sebuah situs, harus jeli dalam memilih domain agar mendapatkan nama domain yang bagus. Mengapa ? Tentunya dengan nama domain yang bagus, pengunjung akan lebih mudah mengingatnya.

Nah, kali ini, saya ingin membagikan tips tentang cara memilih domain yang bagus untuk website atau blog anda. Beberapa pertimbangan yang harus anda perhatikan dalam memilih nama domain antara lain :

1. Singkat

Dengan nama domain yang singkat, tentunya pengunjung akan lebih mudah mengingatnya. Sehingga mereka akan dengan cepat menemukan situs anda tanpa harus mencari lewat Search Engine. Misalnya saja : bajumurah.com, grosironline.com atau kemejapria.com

2. Identik dan Sesuai

Gunakan nama domain yang sesuai dengan content website atau blog anda. Jika website anda berisi tentang bisnis online, maka pilihlah domain dengan kata yang berbau bisnis online. Jika website anda berisi tentang pakaian, maka gunakan kata-kata yang berbau pakaian.

3. Ekstensi

Gunakan ekstensi yang tepat menurut kegunaan dari website anda. Misalnya jika anda membuat toko online, dimana website tersebut bersifat komersil, maka gunakan ekstensi .com sebagai domain anda. Jika membuat website untuk kantor pemerintahan, gunakan ekstensi .gov. atau .go.id, kemudian jika dipergunakan untuk website universitas, anda bisa menggunakan ekstensi .ac.id. Memang untuk yang satu ini tidak terlalu mengikat, tapi akan lebih sesuai jika menggunakan domain sesuai dengan fungsinya.

4. Hindari Masalah Hak Cipta

Jika anda bukan pemegang suatu merk atau brand yang sudah terdaftar, sebaiknya jangan menggunakannya untuk nama domain anda. Meskipun secara langsung, anda menjual produk dari brand tersebut, namun hal ini bisa menjadi suatu masalah di kemudian hari. Anda bisa dituntut atas dasar pelangga
ran hak cipta.

4 pertimbangan diatas hanyalah sebagai masukan bagi anda dalam memilih domain yang bagus, dan tidak bersifat mengikat. Anda seorang administrator dibebaskan dalam memilih nama domain selama nama domain tersebut belum dimiliki oleh orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.