Tips Memilih Gaun Kebaya Pengantin

 

Tips Memilih Gaun Kebaya Pengantin – Semua wanita ingin tampil cantik dan sempurna di hari pernikahannya. Hal yang paling mendapat perhatian adalah busana pengantin, karena busana inilah yang akan mendukung kecantikan sang mempelai wanita. Jika Anda memutuskan untuk memakai kebaya di hari pernikahan, inilah beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Persiapan

Waktu terbaik untuk mulai mempersiapkan kebaya pengantin adalah 5-4 bulan sebelum hari pernikahan. Anda akan disibukkan dengan keputusan untuk menyewa atau membuat/membeli kebaya pengantin, memilih modelnya, memilih bahan, dan segala hal lain.

Jika Anda ingin menyewa, Anda harus rajin mencari kebaya yang cocok dan memastikan bahwa kebaya tersebut tersedia di hari pernikahan. Sedangkan bila Anda ingin membuat kebaya pengantin, pastikan penjahit Anda bisa menyelesaikan tepat waktu, karena pada bulan-bulan pernikahan, para penjahit biasanya menerima banyak pesanan busana pengantin.

Biaya

Ingin tampil sempurna saat menikah boleh saja, tetapi jangan habiskan biaya yang sangat besar untuk kebaya. Bicarakan dengan pasangan dan keluarga, lebih baik membeli/menjahit atau menyewa saja. Apapun pilihan Anda, pastikan kebaya tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan. Rajinlah mencari referensi penjahit kebaya pengantin yang bagus atau tempat persewaan busana pengantin yang memuaskan.

Model

Makin banyak model kebaya pengantin yang bisa dipilih, mulai dari yang tradisional hingga kebaya dengan sentuhan modern. Pastikan model yang Anda pilih sesuai dengan bentuk tubuh Anda. Kadang, kebaya tersebut sangat cantik saat dipajang, tetapi tidak cocok dengan bentuk tubuh Anda. Cari referensi di internet, buku pernikahan atau penjahit khusus kebaya pengantin untuk mencari model yang paling pas untuk tubuh Anda.

Warna

Warna kebaya yang Anda pakai ikut mendukung kesempurnaan penampilan Anda. Biasanya, warna kebaya sesuai dengan tema pernikahan. Jangan lupa memastikan warna kebaya Anda sesuai dengan warna kulit. Jangan memaksakan warna kebaya yang sama dengan tema jika tidak cocok dengan warna kulit Anda.

Jika Anda melakukan akad nikah, kebaya putih bisa menjadi pilihan. Ada warna kulit yang cocok dengan kebaya putih, tetapi ada juga yang tampak kusam jika memakai kebaya warna putih bersih. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memilih warna putih gading atau ivory.

Jenis Bahan

Kebaya pengantin biasanya memakai kain tulle dan dipenuhi brokat. Beberapa wanita sering mengalami gatal dan kemerahan saat memakai kebaya jenis ini. Jangan sampai Anda tersiksa dengan gatal dan panas karena alergi di hari pernikahan. Pastikan kain kebaya Anda nyaman di kulit. Sesuaikan juga apakah pesta pernikahan diadakan di dalam ruangan atau luar ruangan. Jika pesta diadakan di luar ruangan saat siang, pilih kebaya yang ringan dan tidak berat agar Anda leluasa bergerak dan tidak mudah berkeringat.

Jaga Bentuk Tubuh

Saat mempersiapkan pernikahan, ada banyak hal yang membuat para wanita stres. Sebagian wanita mengalami penurunan berat badan, sebagian lagi mengalami penambahan berat badan. Hal ini akan sangat berpengaruh pada kebaya pengantin yang akan Anda pakai. Jaga kondisi kesehatan dan bentuk tubuh Anda, tidak ada salahnya olahraga saat pagi hari.

Pakai Selop Saat Mencoba Kebaya

Banyak kejadian tidak menyenangkan bermula dari hal sepele ini. Bawahan kebaya yang pas saat dicoba ternyata menjadi lebih pendek saat sudah memakai selop pernikahan. Bawahan kebaya jadi tidak indah dipandang karena tampak lebih pendek. Untuk membuat bawahan kebaya jatuh dengan pas, pakai selop atau sandal hak tinggi (yang kira-kira tingginya sama dengan selop yang akan dipakai saat menikah) ketika Anda mencoba kebaya pernikahan atau pada saat penjahit mengukur tubuh Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk hari bahagia Anda. Pastikan Anda percaya diri dan tersenyum untuk memancarkan kecantikan dari dalam di hari pernikahan.