Ponsel “Ubuntu-Android” Butuh Donasi Rp 300 Miliar

Ponsel “Ubuntu-Android” Butuh Donasi Rp 300 Miliar

Ponsel “Ubuntu-Android” Butuh Donasi Rp 300 Miliar – Sistem operasi mobile berbasis Linux Ubuntu telah diperkenalkan oleh Canonical pada Januari lalu. Namun, wujud ponselnya tak kunjung dipasarkan sampai sekarang karena proyek ini butuh dana besar.

ubuntu for android

Memproduksi perangkat komersialnya memang jadi tantangan bagi Canonical sebagai perusahaan di balik Ubuntu. Tak mudah memang meyakinkan vendor ponsel untuk memproduksi ponsel berbasis Ubuntu di tengah mendominasinya Android yang didukung Google.

Tak kurang akal, Rabu (23/7/2013), Canonical mengumumkan kampanye dengan konsep crowfunding bertajuk Indiegogo yang bertujuan mengumpulkan dana untuk mewujudkan smartphone berbasis OS Ubuntu. Dana yang diperlukan untuk proyek ini adalah sebesar 32 juta dollar AS atau sekitar Rp 322 miliar.

Ponsel yang sedang dirancang dan akan diproduksi massal adalah Ubuntu Edge. Ponsel ini akan dibekali prosesor quad-core dengan RAM berkapasitas 4 GB. Layarnya berukuran 4,5 inci dengan resolusi mendukung 720p. Adapun kapasitas penyimpanan data sangat besar untuk ukuran smartphone saat ini, yaitu 128 GB.

Dari sisi kamera, Ubuntu Edge menggunakan sensor 8 MP (kamera belakang) dan 2 MP (kamera depan). Fitur koneksi jaringannya pun cukup lengkap dengan mendukung dual-LTE, WiFi 802.11n, Bluetooth, dan NFC.

Ubuntu Edge menerapkan dual booting sistem operasi. Yang artinya selain OS Ubuntu, ia juga bisa menjalankan sistem operasi lain, yaitu Android.

Lima ribu penyumbang awal untuk proyek Indiegogo dengan donasi sebesar 600 dollar AS akan mendapatkan ponsel Ubuntu Edge pada Mei 2014. Ponsel ini sendiri akan dibanderol dengan harga pasaran 830 dollar AS.

Dengan dana terkumpul 32 juta dollar AS, Canonical hanya akan memproduksi 40.000 ponsel. Dana ini diharapkan dapat tercapai dalam waktu 30 hari.

“Jika kami tidak mendapatkan uangnya, kami tidak akan melanjutkan produksinya,” kata pendiri Canonical, Mark Shuttleworth, seperti dikutip dari ZDnet.