Persiapan Sebelum Membangun Toko Online

Persiapan Sebelum Membangun Toko Online ( Online Shop )

Persiapan Sebelum Membangun Toko OnlineApakah anda tertarik untuk membangun toko online ? Jika YA, maka sebaiknya anda perhatikan dulu beberapa persiapan yang perlu diperhatikan. Agar nantinya jika ada sesuatu yang tidak diharapkan, anda sudah mampu untuk mengatasinya. Minimal, persiapan yang harus anda lakukan sebelum membangun toko online / online shop anda antara lain :

1. Produk atau Barang yang Akan Dijual

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah, produk atau barang yang akan anda jual di toko online anda. Cari barang yang sesuai dengan minat anda untuk dipasarkan di internet. Tidak perlu ragu untuk menawarkan suatu barang, selama itu tidak melanggar hukum dan norma yang berlaku, maka anda dapat memasarkannya di internet.

Barang yang anda jual pun tidak melulu harus produksi sendiri jika anda memang belum memiliki modal yang cukup. Anda bisa memasarkan produk orang lain, misalnya saja dengan sistem dropshipping. Anda cukup menampilkan gambar dan deskripsi produk orang lain. Ketika ada konsumen yang berminat dengan barang tersebut, anda tinggal mengontak pemilik barang. Kemudian anda bisa mengirimkan biaya yang harus dibayar kepada pemilik barang, yang kemudian pemilik barang tinggal mengirimkan barang ke alamat konsumen. Untuk saat ini, sudah banyak penjual yang membuka kesempatan pada penjual lain untuk bekerja sama dengan sistem dropshipping.

2. Kontak Yang Dapat Dihubungi

Tetapkan kontak yang dapat dihubungi oleh konsumen. Anda bisa menggunakan nomor handphone anda, e-mail, pin BBM dan sebagainya. Semakin banyak kontak yang anda tetapkan, akan memudahkan konsumen untuk menghubungi anda dalam melakukan order barang.

3. Nomor Rekening Bank

Sebagai media transaksi, anda perlu persiapkan nomor rekening bank yang akan digunakan. Sangat disarankan untuk menggunakan nomor rekening yang mempunyai banyak nasabah. Mengapa ? Karena akan mempermudah konsumen dalam mengirimkan uang atas barang yang dibelinya.

4. Jasa Pengiriman

Memiliki sebuah toko online / online shop, maka anda tidak akan terlepas dari yang namanya jasa pengiriman barang. Tentunya sangat tidak mungkin jika anda harus mengirimkan barang itu sendiri ke alamat konsumen. Apalagi jika konsumen berada di daerah yang cukup jauh dari domisili anda. Gunakan jasa pengiriman baranga yang terpercaya. Sehingga akan ada rasa aman ketika anda menggunakan jasa mereka.

Leave a Comment