Memonitor Detak Jantung Hanya Dengan Mengenakan Baju Berbahan Elektroda Super Fleksibel, Lembut & Aman

Memonitor Detak Jantung Hanya Dengan Mengenakan Baju Berbahan Elektroda Super Fleksibel, Lembut & Aman

Memonitor Detak Jantung Hanya Dengan Mengenakan Baju Berbahan Elektroda Super Fleksibel, Lembut & Aman

Untuk memantau kesehatan Jantung tidak selamanya harus datang ke dokter untuk memeriksanya. Namun berkat baju yang terbuat khusus dari bahan tekstil elektroda super lentur dan fleksibel yang dikembangkan oleh NTT, Anda cukup dapat mengenakannya untuk memonitor keseluruhan kinerja detak jantung Anda melalui aktivitas elektrik selama jangka waktu tertentu.

monitor detak jantung

Elektroda yang bisa dikenakan ini terbuat dari bahan serat konduktif yang terdiri dari sutra atau inti serat sintetis yang dilapisi dengan polimer konduktif yang dikenal sebagai Pedot-PSS. Polimer konduktif ini memiliki biokompatibilitas yang sangat baik, dan dapat memberikan pengukuran EKG dengan stabilitas setara dengan elektroda medis konvensional, tanpa perlu memasang elektroda pada kulit dengan bantuan olesan pasta elektrolit atau gel.

Bekat keberadaan bahan elektroda tekstil yang begitu lembut, fleksibel dan tidak menyesakan ini, pemantauan dalam jangka waktu yang panjang pada dasarnya tidak akan membebani pemakainya. Terlebih menurut studi kelayakan yang dilakukan oleh NTT baru-baru ini, ternyata memang tidak menunjukkan tanda-tanda iritasi kulit atau dermatitis kontak setelah penggunaan dalam jangka waktu yang panjang sehingga sepenuhnya aman sejauh ini.

Tidak sampai di situ saja, NTT sendiri kabarnya juga bakal berencana untuk melakukan eksperimen lebih lanjut dengan melibatkan sebanyak 100 pengguna (responder) untuk mengetahui lebih lanjut keamanan dan efektivitas mereka.

Sementara di masa yang akan datang, baju berbahan elektroda ini kabarnya bisa digunakan untuk membantu perawatan medis di rumah ataupun jarak jauh, mengurangi risiko serangan jantung melalui deteksi dini dan pengobatan penyimpangan jantung, atau dalam bidang-bidang seperti olahraga, kebugaran dan ilmiah penelitian umum.