Cara Membuat Situs Social Bookmark Berbasis Drigg / Drupal

Cara Membuat Situs Social Bookmark Berbasis Drigg / Drupal

Situs social bookmark berbasis Drigg ( Drupal ) merupakan salah satu platform social bookmark yang digemari oleh para webmaster untuk membangun backlink ( link building ). Menurut mereka, situs social bookmark berbasis Drigg lebih mudah terindex.

Nah, kali ini saya ingin mencoba untuk membuat tutorial tentang Cara Membuat Situs Social Bookmark berbasis Drigg ( Drupal ). Bila sebelumnya anda pernah mendapati tutorial semacam ini, namun gagal dalam melakukan installing, maka untuk tutorial kali ini, akan saya coba untuk membuatnya lebih ringkas. Anda cukup download file  .zip yang saya sediakan, upload ke hosting, connect Database SQL, kemudian sedikit kustomisasi, maka akan tercipta sebuah situs social bookmark milik anda sendiri.

Note : Drigg yang saya berikan adalah Drupal versi 6. Nantinya kesuksesan dalam installing ini juga tergantung dari versi PHP hosting anda. Hanya tinggal sedikit setting saja agar bisa terinstal dengan sukses. Saya sarankan hosting yang digunakan memakai PHP versi 5.3

Untuk mendownload file  .zip-nya, silakan kontak Facebook saya >> Fikri Azka

Langkah-langkah untuk membuat Situs Social Bookmark berbasis Drigg :

1. Setelah anda mendapatkan file  .zip-nya, silakan upload file yang sudah saya berikan. Kemudian Extract di File Manager hosting anda.

2. Buat database dan database user di hosting anda. Catat Database Name, Database User dan Password-nya.

3. Cari folder dengan nama “sql-restore”, download file sql di dalamnya, dan upload ke SQL Database yang telah anda buat tadi. Setelah selesai upload, hapus folder “sql-restore” di File Manager Cpanel anda.

Tutorial Cara Membuat Situs Social Bookmark Drigg Drupal
Inilah struktur ketika file sudah ter-extract. Lihat folder yang saya tandai.

4. Buka file di publichtml > sites > default > settings.php lewat Code Editor. Lihat di line 92, Kemudian lihat detail database default disana,

$db_url = ‘mysqli://database_name:password@localhost/database_user‘;

Perhatikan kode yang saya warnai diatas, ganti kode tersebut dengan detail database yang anda buat tadi.

5. Sekarang buka domain anda. Install Drigg telah selesai.

Selesai, Situs Social Bookmark Drigg anda sudah jadi, di tahap ini, saya hanya menjelaskan tentang installasi di hosting saja, nantinya untuk kustomisasi Social Bookmark Drigg ini, bisa anda baca di tutorial selanjutnya.

– Setting Module Drigg Social Bookmark

– Setting Access User di Drigg Social Bookmark

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.