5 Trik Agar Kaki Kuat Berjalan Jauh

 

5 Trik Agar Kaki Kuat Berjalan Jauh – Jalan kaki sebenarnya bisa jadi salah satu aktivitas fisik yang murah meriah, tapi banyak orang yang tidak kuat untuk berjalan jauh. Sebenarnya apa saja yang bisa dilakukan agar kaki kuat untuk jalan jauh? Kaki manusia terdiri dari otot dan beberapa otot ini merupakan bagian yang paling berguna dalam tubuh, tapi pada saat yang bersamaan beberapa otot ini juga bisa menjadi lemah.

Membangun otot di kaki dengan baik bisa membantu seseorang mampu pergi berjalan jauh tanpa merasa cepat lelah. Semakin sering seseorang berjalan maka otot-otot kaki akan semakin baik, seperti dikutip dari Healthguidance.org. Jika tidak memiliki waktu untuk melatih otot kaki dengan berjalan, maka cobalah naik turun beberapa anak tangga selama setengah jam setiap harinya. Meski terlihat aneh tapi kegiatan ini bisa membantu seseorang lebih kuat berjalan jauh dan enerjik. Selain itu ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kaki tetap kuat untuk diajak jalan jauh yaitu:

1. Jika tidak pernah atau jarang berjalan, maka kaki akan cepat pegal saat diajak jalan jauh. Untuk itu biasakan berjalan dan mulailah secara bertahap jaraknya, jangan langsung jarak jauh.

2. Usahakan jangan terlalu cepat ketika awal berjalan karena akan membuat tubuh terasa cepat capek, sebaiknya mulailah secara perlahan lalu kecepatannya meningkat sedikit untuk beberapa waktu, kemudian diperlambat lagi.

3. Mengimbangi dengan mengonsumsi air putih atau minuman yang mengandung isotonik atau elektrolit secara teratur saat berjalan agar bisa segera mengganti cairan tubuh yang hilang.

4. Gunakan sandal atau sepatu yang nyaman digunakan dan sebaiknya tidak berhak tinggi (high heels) karena akan membuat kaki terasa lebih cepat pegal dan capek.

5. Jika mulai terasa capek atau pegal, maka istirahatlah sejenak dan bisa sambil memijat kaki untuk membuat otot jadi rileks. Tapi sebaiknya jangan terlalu lama beristirahat, karena otot yang sudah panas bisa menjadi dingin kembali dan itu membuat kaki terasa lebih pegal atau capek.

Jika diketahui akan memiliki perjalanan kaki yang cukup jauh, tak ada salahnya untuk mulai latihan jalan beberapa waktu sebelumnya agar melatih otot kaki.