Tips Memilih Nama Domain Yang Bagus

Tips Memilih Nama Domain Yang Bagus

Tips Tentang Cara Memilih Nama Domain Website Yang BagusTips Memilih Nama Domain Yang Bagus – Domain merupakan sebuah nama unik yang digunakan sebagai pengganti deretan angka identitas dalam suatu jaringan, atau yang biasa kita sebut dengan IP Address. Dengan mempunyai sebuah nama domain, maka sebuah web atau blog lebih mudah dikenali dan diingat oleh pengunjung setia web atau blog tersebut.

Di sisi lain, nama domain juga bisa dikatakan sebagai sebuah merk dagang di internet, sehingga seorang pemilik sebuah situs, harus jeli dalam memilih domain agar mendapatkan nama domain yang bagus. Mengapa ? Tentunya dengan nama domain yang bagus, pengunjung akan lebih mudah mengingatnya.

Nah, kali ini, saya ingin membagikan tips tentang cara memilih domain yang bagus untuk website atau blog anda. Beberapa pertimbangan yang harus anda perhatikan dalam memilih nama domain antara lain :

1. Singkat

Dengan nama domain yang singkat, tentunya pengunjung akan lebih mudah mengingatnya. Sehingga mereka akan dengan cepat menemukan situs anda tanpa harus mencari lewat Search Engine. Misalnya saja : bajumurah.com, grosironline.com atau kemejapria.com

2. Identik dan Sesuai

Gunakan nama domain yang sesuai dengan content website atau blog anda. Jika website anda berisi tentang bisnis online, maka pilihlah domain dengan kata yang berbau bisnis online. Jika website anda berisi tentang pakaian, maka gunakan kata-kata yang berbau pakaian.

3. Ekstensi

Gunakan ekstensi yang tepat menurut kegunaan dari website anda. Misalnya jika anda membuat toko online, dimana website tersebut bersifat komersil, maka gunakan ekstensi .com sebagai domain anda. Jika membuat website untuk kantor pemerintahan, gunakan ekstensi .gov. atau .go.id, kemudian jika dipergunakan untuk website universitas, anda bisa menggunakan ekstensi .ac.id. Memang untuk yang satu ini tidak terlalu mengikat, tapi akan lebih sesuai jika menggunakan domain sesuai dengan fungsinya.

4. Hindari Masalah Hak Cipta

Jika anda bukan pemegang suatu merk atau brand yang sudah terdaftar, sebaiknya jangan menggunakannya untuk nama domain anda. Meskipun secara langsung, anda menjual produk dari brand tersebut, namun hal ini bisa menjadi suatu masalah di kemudian hari. Anda bisa dituntut atas dasar pelangga
ran hak cipta.

4 pertimbangan diatas hanyalah sebagai masukan bagi anda dalam memilih domain yang bagus, dan tidak bersifat mengikat. Anda seorang administrator dibebaskan dalam memilih nama domain selama nama domain tersebut belum dimiliki oleh orang lain.

Cara Memanfaatkan Facebook Untuk Media Bisnis Online

Cara Memanfaatkan Facebook Untuk Media Bisnis Online

Cara Memanfaatkan Facebook Untuk Media Bisnis Online – Facebook merupakan social media terbesar dan terpopuler saat ini. Dengan jutaan pengguna aktif setiap harinya, membuat peluang bisnis dengan Facebook semakin terbuka lebar. Bagi anda yang kreatif menggunakan Facebook, tentunya anda melihat “peluang” di dalamnya. Kali ini, saya ingin membagikan tips dan trik cara memanfaatkan Facebook sebagai media bisnis online. Silakan menyimak penjabaran saya di bawah ini :

1. Menggunakan tag pada foto Facebook

Bila anda mempunyai sebuah produk, upload foto produk anda ke profil Facebook anda. Kemudian tag teman Facebook anda pada foto produk anda tersebut. Beri deskripsi yang menarik pada foto produk anda tersebut. Dengan melakukan ini, anda akan mempunyai 2 keuntungan. Pertama, teman Facebook anda akan dapat melihat foto produk anda, dengan begitu berharap saja ada teman Facebook anda yang berminat dengan produk anda. Kedua, teman dari teman Facebook yang di-tag juga akan dapat melihat foto produk tersebut, sehingga akan menjangkau audiens yang lebih banyak.

2. Menggunakan Fans Page Facebook

Anda bisa membuat sebuah fans page ( halaman ) Facebook. Anda bisa menamakan fans page tersebut dengan nama produk yang akan anda promosikan. Fans Page ini bisa anda manfaatkan sebagai toko online mini, karena di dalamnya, ada fitur HMTL yang bisa anda modifikasi untuk menjadi tampilan toko online. Semakin banyak jumlah orang yang memberikan LIKE di fans page anda, maka jangkauan audiens anda juga akan semakin luas.

3. Memanfaatkan Iklan Facebook

Cara Memanfaatkan Facebook Untuk Bisnis OnlineDengan memanfaatkan Iklan Facebook, anda bisa menampilkan iklan produk anda di sisi kanan halaman profil pengguna Facebook. Untuk Iklan Facebook ini, disarankan anda harus sudah betul-betul menguasai hal-hal yang bersifat sistematis. Karena jika anda belum mengetahuinya, alih-alih mendapatkan keuntungan, justru rugi yang akan didapat karena iklan yang tampil tidak tertarget pada pangsa pasar yang diharapkan.

3 cara sederhana diatas bisa anda lakukan untuk pemanfaatan Facebook sebagai media bisnis online. Sehingga, ketika anda menggunakan Facebook, anda tidak hanya bisa berbagi sesuatu yang menarik kepada teman anda, namun anda juga bisa meraup keuntungan di dalamnya.

Cara Menghasilkan Uang Lewat Program Pay Per Click

Cara Menghasilkan Uang Lewat Program Pay Per Click

Cara Menghasilkan Uang Lewat Program Pay Per ClickCara Menghasilkan Uang Lewat Program Pay Per Click – Di Internet, sudah banyak sekali tersedia jalan yang bisa anda tempuh untuk menghasilkan uang lewat Bisnis Online, tergantung mana yang sesuai dan cocok dengan anda. Yang anda perlukan hanyalah fokus dan tidak mudah putus asa. Jika anda beranggapan bahwa Bisnis Online itu susah, anda benar. Bisnis Online membutuhkan pengorbanan, tak hanya materi, namun waktu dan tenaga sangat diperlukan dalam hal ini. Meskipun anda seringkali melihat ataupun membaca “Kaya secara cepat lewat internet” ataupun “Menghasilkan uang hanya dalam 60 menit”, percayalah bahwa apa yang mereka katakan tidak sesuai dengan realita.

Bisnis Online membutuhkan keseriusan, fokus, konsentrasi dan mindset yang benar. Menurut pandangan saya, Bisnis Online tidak jauh berbeda dengan bisnis offline, yaitu “butuh proses”. Secara bertahap anda akan mengetahui apa yang harus anda lakukan dan apa yang tidak boleh anda lakukan.

Waktu dan Pengalaman Berbanding Lurus dengan Hasil

 

Ungkapan diatas adalah ungkapan yang sangat sesuai dengan apa yang saya alami dalam menggeluti Bisnis Online. Secara otodidak, saya Belajar Bisnis Online mulai dari nol. Dibawah ini, akan saya jelaskan secara terperinci, cara menghasilkan uang lewat salah satu jenis Bisnis Online yaitu Program Pay Per Click ( secara umum orang menyebutnya PPC ) :

 Program Pay Per Click ( PPC )

Untuk bisa menghasilkan uang lewat program pay per click ini, minimal anda harus mempunyai sebuah blog atau website dimana anda bisa menempatkan slot iklan dari Advertising Network penyedia program pay per click. Pay Per Click ( PPC ) sendiri adalah program dimana terdapat Advertising Network yang menjembatani antara advertiser ( pengiklan ) dan publisher ( penayang iklan ).

Gambaran singkat tentang program Pay Per Click ( PPC ) ini, advertiser ( pengiklan ) meminta kepada Advertising Network untuk menampilkan iklan produk atau jasa milik advertiser agar dikenal luas dengan cara ditampilkan dalam website atau blog milik publisher yang terdaftar pada Advertising Network tersebut.

Kemudian publisher akan menayangkan iklan barang atau jasa milik advertiser di website atau blognya ( biasanya berupa text link maupun banner ). Publisher bisa   mendapatkan bayaran setiap ada pengunjung yang menge-klik iklan tersebut. Nilai per klik pada masing-masing Advertising Network sangat bervariasi, untuk Advertising Network lokal ( Indonesia ) biasanya berkisar mulai Rp 100,- hingga Rp 600,- per kliknya. Untuk Advertising Network luar ( Luar Negeri ) biasanya berkisar mulai $ 0.01 hingga $2 per kliknya.

Untuk bisa sukses menghasilkan uang lewat program pay per click ( PPC ) ini, setidaknya ada beberapa syarat yang harus anda penuhi, antara lain :

1. Anda harus mempunyai sebuah website / blog.

2. Website anda sesuai dengan TOS* dari Advertising Network

3. Website anda mempunyai banyak pengunjung.

4. Trik penempatan iklan yang baik.

Dengan mengikuti beberapa syarat diatas, anda akan dapat dengan mudah mendulang uang lewat program pay per click ( PPC ) ini. Semakin banyak pengunjung yang datang ke website / blog anda, semakin besar pula potensi penghasilan anda dari program pay per click ini. Namun anda perlu ingat, dalam pay per click, meskipun anda mengharapkan jumlah klik yang banyak ( besar ) namun anda juga harus memperhatikan CTR. Apa itu CTR ?

CTR adalah singkatan dari Click Trough Rate. Rumus dari CTR ini adalah :

jumlah klik / jumlah impressi** x 100%

Jadi perbandingan antara klik dan impressi anda harus memenuhi batas aman CTR yang ditetapkan oleh pihak Advertising Network. Biasanya mereka menerapkan CTR dibawah 3-6%.

* = Terms of Service ( yaitu syarat dan ketentuan mengenai keikutsertaan anda pada sebuah Advertising Network. Pada umumnya berisi peraturan, kriteria situs publisher, sistem pambayaran, metode pembayaran dan sanksi jika melakukan pelanggaran )
** = Impressi adalah jumlah tampilan iklan